Integrasi faktor niat berkunjung wisatawan lokal di bali pada masa pandemi covid 19

  • Miko Andi Wardana Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Komang Shanty Muni Parwati Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v12i1.193
Abstract views: 62 , pdf downloads: 59
Keywords: Pengetahuan wisatawan, Sikap wisatawan, Niat Berkunjung

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran pengetahuan wisatawan yang didapatkan dari media elektronik dan digital mengenai apa yang dilakukan oleh pengelola tempat wisata pada saat pandemic covid 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara hubungan pengetahuan wisatawan terhadap sikap dan niat berkunjung, dan sikap terhadap niat berkunjung wisatawan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran semantic differential. Jumlah sampel 100 responden calon wisatawan yang berkunjung. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Smart-PLS. Hasil dari penelitian ini ditemukan 1) pengetahuan berpengaruh tidak signifikan terhadap niat berkunjung, 2) pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap, 3) sikap wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung wisatawan, 4) peran sikap terbukti sebagai pemediasi full hubungan pengetahuan terhadap niat berkunjung.

References

Bardan, I.G. (1995). Knowledge, attitude and practice the three pillars of excellence and wisdom: a place in the medical profession. La Revue de Sante de la Mediterranee orientale, Vol. 1, No. 1, 1995. ISSN : 1020-3397.
Boyd, M., Pai, F., Zhang, Q., Wang, H.H. and Wang, K. (2011). Factors affecting crop insurance purchases in China: the Inner Mongolia region.China Agricultural EconomicReview, Vol. 3 No. 4, pp. 441-450. ISSN: 1756-137X. https://doi.org/10.1108/17561371111192301
Cheung, M.Y., Luo, C., Sia, C. L. and Chen, H. (2009). Credibility of electronic word-of- mouth: informational and normative determinants of on-line consumer recommendations. International Journal of Electronic Commerce, Vol. 13 No. 4, pp. 9–38. ISSN: 1086-4415 (Print) 1557-9301 (Online. https://doi.org/10.2753/JEC1086-4415130402
Mohammed, M.A. and Ortmann, G.F. (2005). Factors influencing adoption of livestock insurance by commercial dairy farmers in three zobatat of Eritrea. Agrekon, Vol. 44 No. 2, pp. 172-186. https://doi.org/10.1080/03031853.2005.9523708
Husin, M. M., Ismail, N., & Ab Rahman, A. (2016). The roles of mass media, word of mouth and subjective norm in family takaful purchase intention. Journal of Islamic Marketing.
Nguyen, L., Nguyen, D.T., Singh, T. (2014). Effect of Trust on Customer Intention to use Electronic Banking in Vietnam. Proceedings of Global Business and Finance Research Conference5-6 May, 2014, Marriott Hotel, Melbourne, Australia, ISBN: 978-1-922069-50-4.
Khan, H.N., Asghar, N. (2012). Customer awareness and adoption of Islamic Bangking in Pakistan. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, Vol. 3, No. 9, January 2012
WARDANA, M. A., RAHYUDA, I. K., Sukaatmadja, I., & GIANTARI, I. (2021). Antecedents and Consequences of Intention to Become a Customer: A Case Study of Islamic Banks in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 827-839.
Wardana, M. A. (2021, January). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI KC BANYUWANGI. In Forum Manajemen STIMI Handayani Denpasar (Vol. 19, No. 1, pp. 29-34).
Suwarso, N. H. E., & Wulandari, N. M. (2015). Pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap niat beli produk ramah lingkungan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(10), 3119-3145.
Published
2021-12-31
How to Cite
Wardana, M. A. and Parwati, K. S. M. (2021) “Integrasi faktor niat berkunjung wisatawan lokal di bali pada masa pandemi covid 19”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 12(1), pp. 50-58. doi: 10.22334/jihm.v12i1.193.
Abstract viewed = 62 times
pdf downloaded = 59 times