Kearifan lokal dalam novel suara samudra karya maria matildis banda dan relevansinya sebagai media promosi pariwisata di lamalera - ntt

  • Dinar Sukma Pramesti Politeknik Internasional Bali
  • Ni Ketut Veri Kusumaningrum Politeknik Internasional Bali
DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v12i1.191
Abstract views: 2 , pdf downloads: 1
Keywords: Novel, Kearifan Lokal, Promosi Pariwisata, Lamalera

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya sebuah promosi untuk mendukung perkembangan suatu destinasi wisata. Salah satu media yang menarik dan belum banyak diminati banyak orang dalam mempromosikan pariwisata ialah media sastra (novel). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kearifan lokal yang terdapat dalam novel Suara Samudra serta mengetahui relevansinya sebagai media promosi pariwisata Lamalera – NTT. Teori yang digunakan untuk menunjang penelitian ini adalah teori antropologi sastra dan teori promosi pariwisata. Novel Suara Samudra karya Maria Matildis Banda ini diteliti menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini diawali dengan mengkaji muatan nilai kearifan lokal dalam novel, kemudian diperkuat dengan melakukan wawancara terstruktur kepada pembaca novel dengan tujuan untuk menggali lebih dalam tentang nilai kearifan lokal Lamalera. Selanjutnya mengadakan focus group discussion (FGD) dengan menghadirkan praktisi pariwisata, budaya, dan sastra serta akademisi untuk mengulas lebih dalam relevansi novel Suara Samudra sebagai media promosi pariwisata Lamalera-NTT.  Pada penelitian ini ditemukan sejumlah kearifan lokal dalam novel Suara Samudra yaitu ritual adat, gotong royong, sikap berbagi, tanda-tanda alam, larangan atau pantangan, keterampilan lokal, makanan khas Lamalera. Beberapa kearifan lokal yang berpotensi untuk dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai objek wisata budaya Lamalera. Potensi yang dapat dikembangkan di Lamalera berupa karya tradisional, kuliner khas lamalera, barter, ritual adat penangkapan ikan paus. Karya tradisional berupa paledang, tale leo, kella, bletu, buri, karya-karya tradisional ini menarik dan berpotensi untuk ditampilkan dalam event pariwisata Lamalera. Proses pembuatan jagung titi dan barter sebagai bagian dari rutinitas para wanita Lamalera berpotensi dapat meningkatkan daya tarik wisata Lamalera.

References

Abudullah, I, dkk.Ed. (2008). Agama dan Kearifan Lokal dalam Tantangan Global. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Atthahirah, C. (2018). Latar Sosial dalam Novel Suara Samudra (Catatan dari Lamalera) karya Mari Maltidis Banda. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala
Banda, M.M. (2019). Suara Samudra Catatan dari Lamalera. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.
Gde, A. (2020). Aku Cinta Lovina: Peran Sastra dalam Mempromosikan Pariwisata Bali Utara. JUMPA, 7(1).
Kasti, T. (2018). Wisata Lamalera dalam http://kostisolo.co.id/ detailpost/wisata-lamalera (diunduh pada Jumat, 3 Agustus 2021 Pkl. 06.00 wita).
Kurniati, G. (2018). Kearifan Lingkungan Pada Masyarakat Lamalera Dalam Novel Suara Samudra Catatan Dari Lamalera Karya Maria Matildis Banda. Jurnal Mahasiswa Unesa.ac.id (Bapala), 5(2).
Oleona, A. & Pieter T.B. (2001). Masyarakat Nelayan dan Tradisi Penangkapan Ikan Paus. Depok-Bogor: Lembaga Gelekat Lewo Tanah.
Ratna, N K. (2009). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Cetakan ke-5). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widarsini, NP.N. (2021). Khazanah Leksikon Tradisi Penangkapan Ikan Paus dalam Novel Suara Samudra Karya Maria Matilidis Banda: Kajian Ekolinguistik”. Jurnal Humanis Journal of Art dan Humanities, 25(1).
Published
2021-12-31
How to Cite
Pramesti, D. S. and Kusumaningrum, N. K. V. (2021) “Kearifan lokal dalam novel suara samudra karya maria matildis banda dan relevansinya sebagai media promosi pariwisata di lamalera - ntt”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 12(1), pp. 1-12. doi: 10.22334/jihm.v12i1.191.
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 1 times