Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan starbucks lippo mall kuta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah kualitas produk, kualitas pelayanan dan experiential marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Starbucks Lippo Mall Kuta. Teknik pengumpulan data yaitu dengan purposive sampling. Metode pengambilan sampling dilakukan secara purposive atas tujuan dan petimbangan tertentu dengan kriteria pelanggan yang telah melakukan kegiatan transaksi di Starbucks Lippo Mall Kuta. Responden yang ditetapkan sebanyak 24 x 5 = 120 responden. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah berbasis analisis regresi linier berganda dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan analisis uji t. Hasil analisis menunjukkan hasil regresi Y = 6,940 + 0,368X1 + 0,305X2 + 0,204X3. Simpulan yang diperoleh adalah kualitas produk (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan (Y) yang ditunjukan pada koefisien regresi β1X1 yang bernilai positif sebesar 0,368 dengan nilai thitung = 3,668 > ttabel = 1,661 dengan nilai sig = 0,000. Kualitas pelayanan (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan (Y) yang ditunjukan pada koefisien regresi β2X2 yang bernilai positif sebesar 0,305 dengan nilai thitung = 2,916 > ttabel = 1,661 dengan nilai sig = 0,004. Experiential marketing (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan (Y) yang ditunjukan pada koefisien regresi β3X3 yang bernilai positif sebesar 0,204 dengan nilai thitung = 2,478 > ttabel = 1,661 dengan nilai sig = 0,015. Saran bagi Starbucks Lippo Mall Kuta yaitu perlunya mempertahankan kualitas produk, kualitas pelayanan dan experiential marketing yang diberikan bila perlu ditingkatkan lagi agar dapat selalu mencapai kepuasan pelanggan.
References
Christian, Dharmayanti. 2013. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty The Light Cup di Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Petra. Vol. 1 Nomor 2.
Data Transaksi Starbucks Lippo Mall Kuta, 2019. Diminta dengan izin dari Store Manager pada Januari 2020.
Google Trends Indonesia, 2018. Kenali Tren Kopi di Indonesia, Panduan Buat Kamu Pebisnis Muda. www.guideku.com. Diakses tanggal 3 Desember 2019.
Hartono, Hendry d.k.k. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Jurnal Manajemen Universitas Bina Nusantara 2012. Vol. 3 Nomor 2. Hal. 883-889.
Kotler dan Amstrong. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 15. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid I. Cetakan ke-empat. PT Macanan Jaya Cemerlang. Indonesia.
Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi ke 11. Alih Bahasa Benyamin Molan. Indeks. Jakarta
Novia. 2012. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Loyalty Pada pelanggan Restoran Koki Sunda Di Pekanbaru. Jurnal Manajemen Universitas Riau 2012. Vol. 20 Nomor 4. Desember 2012. Hal. 8
Pujawan. 2010. Riset Pemasaran Kontemporer. Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta.
Tjiptono, Chandra. 2012. Pemasaran Strategik Edisi 2: Mengupas Pemasaran Strategic, Branding Strategy, Hingga E-marketing. Cv. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Penerbit Andi. Yogyakarta
Copyright (c) 2021 Ni Made Hartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)