RAGAM BAHASA INGGRIS DALAM APLIKASI GO-JEK SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DENGAN WISATAWAN DI SANUR

  • Ni Luh Supartini Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Made Ayu Sulasmini Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v11i1.177
Abstract views: 122 , pdf downloads: 130
Keywords: ragam Bahasa, komunikasi, persepsi wisatawan

Abstract

Di Bali yang merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata terbesar di Indonesia, telah hadir beberapa transportasi online berbasis aplikasi, salah satunya adalah Gojek. Gojek adalah aplikasi yang melayani transportasi melalui layanan ojek dan menjadi media penghubung bagi penumpang dan pengemudi. Sebagian besar wisatawan menggunakan aplikasi ini dalam sebagai sarana transportasi mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ragam Bahasa yang digunakan dalam aplikasi Gojek dan juga perepsi wisatawan terhadap Bahasa Inggris yang digunakan dalam aplikasi Gojek. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ragam Bahasa yang digunakan dalam aplikasi Gojek adalah ragam Bahasa tulis dengan menggunakan 2 metode terjemahan yaitu word to word dan literal translation method. Persepsi wisatawan terhadap Bahasa Inggris yang digunakan dalam aplikasi Gojek agar menggunakan kata kunci saja dalam berkomunikasi mengirimkan pesan untuk menghindari kesalahan informasi.

Author Biography

Ni Luh Supartini, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

References

Amajida, Fania Darma. 2016, Kreativitas Digital Dalam Masyarakat Risiko Perkotaan: Studi Tentang Ojek Online “Go-Jek” di Jakarta. Departmen Sosiologi Universitas Indonesia. Jurnal Informasi Kajian Ilmu Komunikasi Volume 46. Nomor 1. Juni 2016.
Anindhita, Wiratri; Arisanty, Melisa & Rahmawati, Devie. 2016, Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Online. Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC Universitas Bakrie, Jakarta. 2-3 Mei 2016.
Arifin, Anwar. 2006. Ilmu Komunikasi : sebuah pengantar ringkas. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Aslinda dan Leni Syafyahya.2014. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.
Cangara, Hafidz. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Chaer, Abdul & Agustina, L. (2010). Sosiolinguitik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dewantara, Handijaya Made. 2020. Peran Gojek Sebagai Akses Publik Wisatawan Di Bali Dan Pelopor Ekonomi Kreatif .JUMPA Volume 6, Nomor 2, Januari 2020. 541-556
Effendy, Onong Uchjana. 2000. Dimensi-Dimensi Komunikasi, Mandar Maju.Bandung
Junior, Mega Swastika. 2017. Fungsionalitas Konflik Gojek: Studi Fenomenologi Terhadap Konflik Pengemudi Gojek di Kota Kediri. Jurnal Analisa Sosiologi. Vol. 6. No. 1. 16-32.
Kridalaksana, H. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia.
Pratiwi, A.A Manik dan Putu Diah Kesumadewi, 2017. Keberadaan Transportasi Online Dalam Industri Pariwisata Bali. Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Denpasar Bali
Pranowo. 1996. Analisis Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Maulida, Hidya. 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Translate Sebagai Media Menerjemahkan Materi Berbahasa Inggris. Jurnal Saintekom, Vol.7 , No.1 , Maret 2017. 56-66
Mulyana, Deddy.2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda
Newmark, Peter. 1998. A Text Book of Translation. London: Prentice-Hall.
Nurrudin. 2017. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer, Jakarta: Penerbit PT Ra- jaGrafindo Persada
Sudaryat, Y. dkk. 2007.Tata Basa Sunda Kiwari. Bandung: Yrama Widya.
Supriono, dkk. 2018. Analisis Persepsi Kemanfaatan, Kemudahan, Kualitas Dan Harga Transportasi Online Sebagai Sarana Penunjang Aksesibilitas Wisatawandi Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)Vol. 60 No. 2 Juli 2018.
Sunu, Dkk. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Dalam Menggunakan Transportasi Berbasis Aplikasi OnlineDi Pt. Uber Indonesia . Jurnal Analisis Pariwisata Issn : 1410 – 3729 Vol. 17 No. 2.
Tresnawati, Yuni. 2016. Identifikasi Program Komunikasi Pada Divisi Media Relations Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, Volume 5, Nomor 2, Juli 2016, halaman 230 – 240
W. A Widjaja, 1986. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Bina Aksara, Jakarta
Published
2020-12-24
How to Cite
Supartini, N. L. and Sulasmini, N. M. A. (2020) “RAGAM BAHASA INGGRIS DALAM APLIKASI GO-JEK SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DENGAN WISATAWAN DI SANUR”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 11(1), pp. 55-61. doi: 10.22334/jihm.v11i1.177.
Abstract viewed = 122 times
pdf downloaded = 130 times