PERAN KOMUNIKASI VISUAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI KAWASAN HERITAGE GAJAH MADA DENPASAR

  • Utik Kuntariati Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Made Rinayanthi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ni Wayan Mega Sari Apri Yani Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v11i1.175
Abstract views: 91 , pdf downloads: 108
Keywords: Pariwisata, Komunikasi, Media Sosial, Gajah Mada

Abstract

Munculnya era tourism 4.0, memberi dampak revolusi industri di sektor pariwisata, ditandai dengan adanya kemudahan akses informasi melalui media digital. Transformasi digital inilah yang mengubah keseluruhan siklus ekosistem kepariwisataan, terutama dari sisi penyebarannya dan konsumsi informasi di media sosial terkait aktivitas berwisata.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peran komunikasi visual Instagram terhadap keputusan berkunjung ke Kawasan Heritage Gajah Mada Denpasar dan bagaimanakah peran media sosial instagram (partisipasi, keterbukaan dan komunikasi) terhadap keputusan berkunjung ke Kawasan Heritage Gajah Mada Denpasar. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasi regresi linear berganda. Penelitian ini berfokus pada fenomena sosial dan pada pemberian suara pada perasaan dan persepsi dari informan. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah follower yang diambil dari dua akun Instagram yaitu; @InfoDenpasar sebanyak 879.000 dan @DenpasarTourism sebanyak 2.660 followers, sedangkan dari Tagar (#), sebanyak 11.002 tags/posts dari #pasarbadung dan 1000 tags/posts dari #tukadkorea dengan sampel 155.Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat penggunaan sosial media instagram dari karakteristik umum responden ditunjukkan oleh laki-laki dan berumur 17-20 tahun yang mayoritas berdomisili di Bali. Media visual Instagram berpengaruh atau berperan secara nyata terhadap keputusan berkunjung. Berdasarkan analisis kelima dimensi terhadap peran media sosial Instagram yaitu partisipasi, keterbukaan, percakapan, komunitas dan keterhubungan, dimana percakapan, komunitas dan keterhubungan digabung dalam satu dimensi yaitu komunikasi, dimensi komunikasi dan keterbukaan sangat berpengaruh terhadap keputusan berkunjung.

References

Adinda, S., & Pangestutu, E., 2019. Pengaruh Media Sosial Instagram @exploremalang Terhadap Minat Berkunjung Followes Ke Suatu Destinasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 72 No.1

Albarq, Abbas N. 2014. Measuring the Impacts of Online Word of Mouth on Tourists’ Attitude and Intentions to Visit Jordan: An Empirical Study. International Business Research; Vol. 7, No.1.

Ardhana, I. K., 2005. Penataan Nusa Tenggara Pada Masa Kolonial 1915-195, Raja Grafindo Perkasa

Bhaskara, Indra. 2017. Media Sosial dan Industri Pariwisata di Bali. Universitas Udayana: Denpasar

Budiharjo, E., 1994. Percikan Masalah Arsitektur Perumahan, Perkotaan, edisi 3. Gajahmada University Press, Yogyakarta

Entas, D., & Widiastiti. 2018. Kawasan Heritage jalan Gajah Mada Sebagai Upaya Pelestarian Kawasan Kota Tua Denpasar Bali. Jurnal Industri Pariwisata. Vol 1, No 1ss

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malaya S.P., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

J. Paul Peter, Jerry C. Olson. 2000. Perilaku Konsumen dan strategi Pemasaran. Edisi keempat. Jilid I. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip., 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, Jakarta: PT Prenhallindo

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Mariani. 2018. Upaya Promosi Potensi Wisata Kota Denpasar Berbasis Media Sosial. Jurnal Pariwisata dan Budaya Universitas Bina Sarana Informatika. Vol 9, No.2

Matin Kozak, Alain Decrop. 2009. Handbook of Tourist Behavior Theory and Practice. UK: Routledge.

Mayfield, A. 2008. What is Social Media. iCrossing

Moutinho, L. (n.d.). Strategic Management in Tourism. Glasgow: CABI.
Nasution. 2003. Metode research. Bandung: PT. BumiAksara

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Paramitha, C. 2012. Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Dalam Bidang Kuliner (Studi Kasus : PT XYZ). 12.

Pitana, I. Gede dan Gayatri, Putu G. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi

Priatmoko, S. 2017. Pengaruh Atraksi, Media Sosial, Dan Infrastruktur Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol 8, No 1

Salusu, J. 1996. Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi public an Organisasi non Profit. Jakarta: PT. Grasindoss

Saputra, N. dkk. 2017. Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Objek Wisata Pantai Air Manis Padang. Jurnal Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.

Sugiyono 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Tambunan.D.L., 2016. Pengaruh Social Media terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara ke DKI Jakarta. STPB Institutional Repository. Sekolah Tinggi Pariwisaa Bandung.

Ting Ting, C., 2014. A study motives, usage, self-presentation and number of followers on Instagram Dicovery – SS Student E-Journal, 3, 1-35

UNESCO., 1972. Convention concerning the Protection of the World Cultural and Natural Heritage. Paris: UNESCO

Wallsbeck, F. E., & Johansson, U. 2014. Instagram Marketing. Instagram Marketing: When Brands Want to Reach Generation Y with Their Communication, 1-93.
Woodside, Arch G. and Martin, Drew. 2008. Tourism Managemenet: analysis behaviour and strategy. Oxfordshire: CAB International.
Published
2020-12-24
How to Cite
Kuntariati, U., Rinayanthi, N. M. and Yani, N. W. M. S. A. (2020) “PERAN KOMUNIKASI VISUAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI KAWASAN HERITAGE GAJAH MADA DENPASAR ”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 11(1), pp. 36-41. doi: 10.22334/jihm.v11i1.175.
Abstract viewed = 91 times
pdf downloaded = 108 times