PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS HOMESTAY CANGGU TERHADAP KEPUASAN BACKPACKER

  • I Nyoman Sudiarta
  • I Gusti Ayu Eka Suwintari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v11i1.174
Abstract views: 172 , pdf downloads: 160
Keywords: Kepuasan Backpacker, Layanan, Fasilitas Layanan

Abstract

Pariwisata adalah bisnis yang memiliki banyak dampak positif terhadap munculnya bisnis lain, salah satunya akomodasi dalam bentuk homestay. Homestay di Canggu menjadi tempat favorit wisatawan selama berkunjung ke Bali. Potensi ini harus dijaga agar dapat meningkatkan jumlah orang yang tertarik untuk akomodasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan dan fasilitas yang disediakan oleh sebuah homestay di Canggu Bali. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif menggunakan program SPSS dengan beberapa metode analisis regresi linear. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa fasilitas dan layanan berpengaruh pada variabel kepuasan backpacker secara bersamaan dengan nilai penentuan 65,4% yang berpengaruh pada kepuasan backpacker dan sisanya (34,6%) adalah faktor lain yang tidak diperiksa.

References

Ari Budi Sulistiono, 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap keputusan Menginap (Studi Pada Tamu Hotel Srondol Indah Semarang) Skripsi, Manajemen Ekonomi, Fakultas Ekonomi universitas Diponegoro semarang.
Azwar, S. 2014. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Hasan, I. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia: Bogor.
Hecht, J and David U. Martin. “Backpacking and hostel-picking: an analysis from Canada.” (2006).
Irawan, H. 2004. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. New Ratna Motor Elex Media Komputindo: Jakarta.
Kariyana. 2014. Analisis Kualitas Pelayanan Room Attendant Terhadap TingkatKepuasan Wisatawan di Bali Mandira Beach Resort and Spa Legian Bali. Skripsi. Manajemen Pariwisata Fak. Pariwisata, Universitas Udayana.
Keputusan Dirjen Pariwisata No.14/U/II/1988, Ketentuan Pelaksanaan Usaha dan Penggolongan Hotel.
Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasara, Edisi Milenium. Prehallindo: Jakarta.
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II. PT. Indeks Gramedia: Jakarta.
Kotler, P. dan Armstrong, G. 2014. Principle Of Marketing. 15th edition. Pearson Prentice Hall: New Jersey.
Maoz, Darya. (2007). Backpackers’ motivations - The role of culture and nationality. Annals of Tourism Research. 34. 122-140.10.1016/ jannals. 2006.07.008.
Marzuki. 2005. Metodologi Riset. Ekonisia: Yogyakarata.
Menuh, N. N. (2015). Karakteristik wisatawan backpacker mancanegara dan dampaknya terhadap perkembangan pariwisata di Kuta, Bali. Universitas Udayana.
Muhtosim, A. 2006. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Cetakan 1. Bayumedia Publishing: Malang.
Nirwana. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa. Dioma: Malang.
Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor KM3./HK.001/ MKP.02 tentang “Penggolongan Kelas Hotel”.
Rahman, D.N. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pemancingan Ngrembel Asri Gunungpati Semarang. Skripsi. Manajemen Fak.Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Rumekso, SE. 2002. Housekeeping Hotel, Yogyakarta: ANDI
Saifuddin, A. 2014. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Stemvelt, RC. 2004. (Diterjemahkan oleh Purwoko) Perception of Service Quality. Allyn and Bacon: Massachusetts.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.
Published
2020-12-24
How to Cite
Sudiarta, I. N. and Suwintari, I. G. A. E. (2020) “PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS HOMESTAY CANGGU TERHADAP KEPUASAN BACKPACKER”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 11(1), pp. 24-35. doi: 10.22334/jihm.v11i1.174.
Abstract viewed = 172 times
pdf downloaded = 160 times