PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP SISTEM PENENTUAN THE BEST EMPLOYEE OF THE YEAR DI HOTEL FAIRMONT SANUR BEACH BALI

  • Afun Intan Devi Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional
  • I Wayan Pantiyasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional
DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v9i2.151
Abstract views: 296 , pdf downloads: 831

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penentuan karyawan terbaik tahun ini di Hotel Fairmont Sanur Beach Bali dan mengetahui persepsi karyawan tentang sistem indikator penentuan karyawan terbaik. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner menggunakan rumus Slovin dengan 156 sampel dari 225 pupulasi. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penentuan karyawan terbaik di Hotel Fairmont Sanur Beach Bali menggunakan sistem formal yaitu penilaian seseorang yang memiliki wewenang formal untuk menilai bawahannya dan memiliki hak untuk menerapkan kebijakan lebih lanjut kepada karyawan tersebut, jadi penilaian formal ini akan menentukan apakah karyawan akan bergerak secara vertikal / horizontal, diberhentikan, atau layanan yang dikembalikan akan dinaikkan. Berdasarkan perhitungan skala likert dari 156 responden untuk lima indikator yaitu Relevansi, Sensitivitas, Keandalan, Akseptabilitas, dan Praktis memperoleh rata-rata di kisaran 3,8-4,2, yang berarti bahwa setiap indikator dianggap baik oleh karyawan.

Published
2019-06-30
How to Cite
Devi, A. I. and Pantiyasa, I. W. (2019) “PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP SISTEM PENENTUAN THE BEST EMPLOYEE OF THE YEAR DI HOTEL FAIRMONT SANUR BEACH BALI”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9(2), pp. 105-123. doi: 10.22334/jihm.v9i2.151.
Section
Articles
Abstract viewed = 296 times
pdf downloaded = 831 times