PENGUASAAN BAHASA INGGRIS DAN BAHASA MANDARIN BAGI PEMANDU WISATA LOKAL DI OBYEK ALAS KEDATON DESA KUKUH, MARGA, TABANAN, BALI

  • A.A Ketut Sri Candrawati Politeknik Internasional Bali
DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v9i2.150
Abstract views: 178 , pdf downloads: 156

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan kemampuan menguasai bahasa Inggris dan Cina untuk pemandu wisata lokal (yang bukan dari pemandu tetapi dari karyawan atau pemilik toko seni) pada Obyek Alas Kedaton Tabanan sebagai pertimbangan untuk kemajuan pariwisata di Alas Kedaton Tabanan Objek, dan untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan jenis objek wisata ini. Penelitian ini dilakukan melalui teknik pengumpulan data seperti wawancara dan observasi di Obyek Wisata Alas Kedaton Tabanan, dan dianalisis secara kualitatif. Obyek Wisata Alas Kedaton dengan memanfaatkan karyawan atau pemilik art shop serta menjadi pemandu wisata wanita lokal yang berkomunikasi dalam bahasa bilingual yaitu Inggris dan Mandarin. Dengan menjelaskan keunikan dan kesakralan Obyek Alas Kedaton, dasar untuk mengembalikan keaslian pariwisata didasarkan pada budaya dan nilai-nilai leluhur di Bali. Melalui proses penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penguasaan bahasa Mandarin untuk pemandu wisata wanita lokal di Alas Alas Kedaton Tabanan perlu ditingkatkan untuk menghindari miskomunikasi antara pemandu dan wisatawan. Berbagai upaya dilakukan oleh administrator Objek Alas Kedaton I Wayan Semadi untuk dapat meminimalkan kesalahan komunikasi tersebut. Dengan meningkatnya kemampuan pemandu wisata wanita lokal, ini dapat digunakan sebagai promosi bagi wisatawan untuk datang ke Objek Alas Kedaton Tabanan.

Published
2019-06-30
How to Cite
Candrawati, A. K. S. (2019) “PENGUASAAN BAHASA INGGRIS DAN BAHASA MANDARIN BAGI PEMANDU WISATA LOKAL DI OBYEK ALAS KEDATON DESA KUKUH, MARGA, TABANAN, BALI”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9(2), pp. 93-104. doi: 10.22334/jihm.v9i2.150.
Abstract viewed = 178 times
pdf downloaded = 156 times